NOMOPHOBIA SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA GENERASI Z

  • Qisthy Rabathy Universitas Pasundan

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Nomophobia Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Generasi Z”. Fenomenologi adalah sebuah ilmu yang memulai segala sesuatu dengan diam, dan bertujuan untuk mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat alami pengalaman manusia itu sendiri. Manusia dipandang sebagai mahluk sosial, sehingga kesadaran akan dunia kehidupan sehari-hari adalah sebuah kesadaran sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena nomophobia menjadi gaya hidup mahasiswa masa kini dapat merubah perilaku dan pola komunikasi yang terjadi dalam lingkungannya sehari-hari. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz yang mana tugas utama analisisnya adalah merekonstruksi dunia kehidupan sebenarnya dalam bentuk yang mereka alami sendiri.
Hasil dari penelitian ini, fenomena nomophobia tersebut merupakan fenomena baru yang menggambarkan kondisi seseorang yang tidak dapat jauh dari smartphone. Fenomena tersebut meliputi perilaku tidak dapat berkomunikasi tanpa gadget, perilaku takut tidak terhubung dengan sosial media, dan melupakan lingkungannya. Dan menjadikan gadget sebagai gaya hidup baru di lingkungan kampus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 28, 2018
How to Cite
RABATHY, Qisthy. NOMOPHOBIA SEBAGAI GAYA HIDUP MAHASISWA GENERASI Z. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2018. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/832>. Date accessed: 17 oct. 2018.
Section
Articles