KOMUNIKASI ORGANISASI WALHI JABAR DALAM GERAKAN SOSIAL SAVE BABAKAN SILIWANGI

  • Arie Prasetio, Zahrotul Oktaviani, Ira Dwi Mayangsari Universitas Telkom

Abstract

Abstrak
Dalam suatu gerakan sosial, komunikasi dibutuhkan untuk menjembatani antara komunikator dan target kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai strategi yang ditentukan oleh WALHI JABAR. Adapun strategi yang ingin diketahui oleh peneliti, diantaranya terkait dengan cara WALHI JABAR memilih komunikator untuk setiap kegiatan yang dibentuk, penentuan target penerima pesan dari kasus tersebut, bentuk penyampaian pesan serta pemilihan medianya, selain itu apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan dan gerakan sosial yang dijalankan oleh WALHI JABAR tersebut. Keempat fokus penelitian tersebut oleh peneliti didasarkan pada elemen dasar komunikasi yang dikemukakan oleh Harold Laswell. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 7 (tujuh) orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam menentukan komunikator ditentukan berdasarkan musyawarah dengan melihat berbagai faktor seperti pendidikan, pengalaman, popularitas, dan pendekatan dengan masyarakat, untuk target penerima pesan gerakan ini ditujukan kepada pemerintah dan masyarakat, pesan yang disampaikan berbentuk tidak hanya teks namun juga gambar dan orasi (lisan) dan bersifat informatif, ajakan, dan dan edukasi, pesan-pesan tersebut kemudian disebarkan dengan menggunakan berbagai media seperti media sosial, online, dan media kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 28, 2018
How to Cite
IRA DWI MAYANGSARI, Arie Prasetio, Zahrotul Oktaviani,. KOMUNIKASI ORGANISASI WALHI JABAR DALAM GERAKAN SOSIAL SAVE BABAKAN SILIWANGI. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2018. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/829>. Date accessed: 19 june 2018.
Section
Articles