PERILAKU KOMUNIKASI PELAKU HIJRAH

Studi Fenomenologi Pelaku Hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung

  • Annisa Novia Sari, Adi Bayu Mahadian Universitas Telkom

Abstract

ABSTRAK
Hijrah merupakan sebuah fenomena yang ramai dilakukan oleh masyarakat terutama bagi masyarakat pemeluk agama Islam. Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia menjadi lahan yang subur bagi kelompok keagamaan yang mengajak masyarakat muslim untuk berhijrah, terlebih setelah adanya social movement pada akhir tahun 2016 yang membuat masyarakat muslim Indonesia bersikap penasaran terhadap agama Islam. Shift sebagai salah satu kelompok keagamaan telah lebih dulu hadir sebelum social movement 212 ataupun 411 yaitu pada tahun 2015 dengan misi untuk mengajak masyarakat terutama remaja dewasa untuk berhijrah atau berpindah dari kebiasaan lamanya, untuk lebih mengenal agama dan membuka pemahaman bahwa segala urusan dunia harus dibarengi dengan urusan akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Komunikasi dengan melihat motif sebagai dorongan, makna dan interaksi yang dipertukarkan seseorang yang berhijrah dengan lingkungannya yang dapat membentuk perilaku untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan paradigma intepretif dengan membangun pemahaman dari realitas yang tampak dan melihat suatu fenomena melalui orang yang mengalaminya. untuk mendapatkan sumber data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan enam orang informan dengan tiga informan adalah informan utama dan tiga lainnya sebagai informan pendukung dan dokumentasi berupa audio maupun visual. Hasil dari penelitian selama tiga bulan untuk melihat Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah adalah ada empat motif yang membuat seseorang berhijrah yaitu dorongan masa lalu, dorongan teman, ingin mempengaruhi orang lain dan dorongan masa depan. Selain itu terdapat makna hijrah bagi pelakunya yaitu ingin terus memperbaiki diri, membuat diri lebih berhati – hati dan membuat pandangan baru dalam melihat Islam. Perilaku komunikasi juga dapat dilihat berdasarkan interaksi yang dipertukarkan oleh pelaku hijrah. Terlihat dari bahasa yang digunakan yang tidak memiliki perbedaan dengan sebelum berhijrah, namun lebih menggunakan bahasa yang lebih baik dari sebelumnya yang dianggap buruk, selanjutnya seseorang yang telah berhijrah memiliki keinginan lain yaitu mengajak orang lain agar merasakan pengalaman serupa dengan orang yang telah memiliki pengalaman berhijrah dengan pendekatan yang berbeda – beda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 28, 2018
How to Cite
ADI BAYU MAHADIAN, Annisa Novia Sari,. PERILAKU KOMUNIKASI PELAKU HIJRAH. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2018. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/828>. Date accessed: 17 oct. 2018.
Section
Articles