Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja dan Produktivitas Dosen IPDN

  • Rinny Dewi Anggraeni, Uliana Ria Sembiring Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi merupakan alat penting bagi suatu organisasi, karena komunikasi merupakan alat utama bagi anggota organisasi untuk dapat bekerja sama dalam melakukan aktivitas manajemen, yaitu untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terpenting, manusia sebagai tenga kerja mempunyai peranan yang sangat menentukan terhadap keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi. Komunikasi-komunikasi yang terjadi dalam organisasi berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan yang terlibat dalam organisasi tersebut. Komunikasi merupakan dasar bagi semua usaha perubahan yang akan dilakukan organisasi khususnya dalam hal perubahan perbaikan mutu dan mutu ini hanya dapat dicapai jika efektivitas dan efisiensi pengelolaan organisasi berlangsung baik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perguruan tinggi di Indonesia saat ini yang semakin dituntut untuk meningkatkan kualitasnya, salah satu isu yang menarik adalah masih rendahnya efektivitas organisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya pada Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Produktivitas SDM Indonesia selama ini dinilai termasuk paling rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Pasifik.
Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan studi dokumen yang dirumuskan dalam rating scale yang berupa angka kemudian ditafsirkan dalam bentuk kualitatif. Dengan dilakukan dua metode pengujian yaitu, pengujian model keseluruhan (Overal model), pengujian model struktural (Hipotesis Penelitian). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pesan komunikasi, media komunikasi, saluran komunikasi, dan aliran komunikasi berpengaruh langsung, positif, dan signifikan terhadap kinerja dosen dan produktivitas dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di IPDN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 30, 2018
How to Cite
ULIANA RIA SEMBIRING, Rinny Dewi Anggraeni,. Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja dan Produktivitas Dosen IPDN. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 60, july 2018. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/1082>. Date accessed: 20 oct. 2018.
Section
Articles