Media Sosial Sebagai Sebuah Ruang Hiperealitas

Studi kasus pada twitter

  • Elly Komala Universitas Pasundan

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Media sosial sebagai sebuah ruang hiperealitas; studi kasus pada Twitter”. Zaman modern ini internet sudah dianggap menjadi wadah berkunjung bagi masyarakat yang melek teknologi. Kebutuhan yang disediakan dalam internet mencakup berbagai varian dengan situs kunjungan yang berbeda. Serangkaian proses menempatkan sistem maya sebagai wadah penghubung dengan situs-situs sebagai perantaranya.
Teori yang digunakan adalah teori Simulasi/ Hiperealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi partisipan, dan wawancara dengan 3 orang informan.
Berdasarkan hasil penelitian, wawancara dan analisis yang telah peneliti lakukan mengenai media sosial sebagai sebuah ruang hiperalitas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni media social Twitter telah memenuhi unsur-unsur sebagai sebuah ruang hiperealitas menurut teori hiperealitas Baudrilard.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 30, 2018
How to Cite
KOMALA, Elly. Media Sosial Sebagai Sebuah Ruang Hiperealitas. LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1, july 2018. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/1077>. Date accessed: 20 oct. 2018.
Section
Articles