PELUANG DAN TANTANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA DISRUPSI

Authors

  • Lia Muliawaty

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416

Keywords:

Disrupsi, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi

Abstract

Era dekade saat ini telah terjadi banyak perubahan mendasar pada berbagai sektor, antara lain ekonomi, teknologi, dan politik. Bahkan krisis ekonomi yang belakangan terjadi telah menekan banyak organisasi untuk memikirkan kembali prioritas -prioritas mereka. Oleh karena itu, terdapat dorongan untuk melakukan pembentukan kembali bisnis dan teknologinya. Terjadi perubahan besar dalam pekerjaan saat ini, yaitu dari peralihan dari sektor manufaktur dan pertanian menjadi industri jasa dan telekomunikasi. Faktor -faktor pendorongnya, antara lain kian menipisnya sumber daya alam dan bahkan beberapa negara tidak memilikinya. Sebaliknya, terdapat perkembangan pesat di sektor teknologi. Penemuan produk-produk teknologi baru telah menyebabkan produk teknologi lama menjadi usang, tidak terpakai lagi karena digantikan dengan yang baru tersebut. Contohnya personal computer (PC) digantikan dengan telepon pintar (smart phone). Selanjutnya telepon pintar digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya pelayanan publik on line. Fenomena di atas adalah sebuah inovasi disruptif yang diciptakan oleh Clay Christensen pada tahun 1997. Inovasi disrupsi juga berdampak terhadap Sumber Daya Manusia dalam Manajemen (MSDM). Paradigma bar adalah sebuah pemimpinial yang berbasis teknologi modern, khususnya aplikasi komputer dan internet karena lebih praktis, efisien dan efektif. Disamping itu, penggunaan teknologi tersebut bertujuan untuk menghadapi kompetisi di sektor ketenagakerjaan di ASEAN, sebagai konsekuensi MEA, maupun menyongsong SDM di Abad ke-21. Saat ini peringkat SDM Indonesia berada pada urutan ke lima setelah negara Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand. Melalui inovasi disrupsi diharapkan dapat menghadapi kedua tantangan tersebut. Selain itu, inovasi disrupsi merupakan sebuah tantangan karena memunculkan sebuah paradigma baru, yaitu MSDM yang berbasis teknologi dan inovatif serta pembentukan SDM yang kompeten di bidangnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christensen, M., Clayton & Raynor, E., Michael. (2003). The Innovator's Solution. Harvard Business Scholl Press: Boston, Massachusetts, America.

Cowden, J., Birton., & Alhorr, S., Hadi. (2013). Disruptive innovation in multinational enterprises", Multinational Business Review, Vol. 21, Issue: 4, pp.358-371.

Denning, Stephen. (2016). Christensen updates disruption theory. Strategy & Leadership, Vol. 44 (2), pp. 10-16.

Eggers, William., Baker, Laura., Gonzales, Ruben., and Vaughn, Audrey. (2012). Disruptive innovation: a new model for public sector services. Strategy & Leadership, Vol. 40 (2), pp. 17-24.

Habtay, R., Salomon., & Holmėn, Magnus. ( -). From disruptive technology to disruptive business model innovation: In need for an integrated conceptual framework. Unpublished Paper. School of Economic and Business Sciences, University of Witwatersrand: South Africa.

Hashim, Muhammad., & Hameed, Fazal. 2012. Human Resource Management in 21st Century: Issues & Challenges & Possible Solutions to Attain Competitiveness. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 2 (9), pp. 44-52.

Jimenez, Jimenez., Daniel. & Valle, Sanz., Raquel. (2007). Managing human resources in order to promote knowledge management and technical innovation. Management Research, Vol. 5, No. 2, pp. 83-100.

Knight, J., Daniel. (2005). Three trips around the innovation track: an interview with Clayton Christensen. Strategy & Leadership, Vol. 33(4) pp. 13-19.

Madsen, Stjernholm., Arne., & Ulhoi, P., Madsen. (2005). Technology innovation, human resources and dysfungsional integration. International Journal of Manpower, Vol. 26, No. 6, pp. 488-500.

Madjdi, Farsan., & Hüsig, Stefan. (2011). The heterogeneity of incumbents' perceptions and response strategies in the face of potential disruption. Foresight, Vol. 13 No. 5 pp. 14-33.

Mathis, L., Robert. & Jackson, H., John. (2005). Eleventh Eds. Thomson Business & Proffesional Publishing.

Nielsen, Peter. (2016). Managing Human Resources Learning for Innovation. 1st ed. Bookboon.com.

Paetz, Paul. (2014). Disruptive by Design. How to Create Products that Disrupt and then Dominate Markets. Apress: New York City,USA.

Ramjee, Priti. (tanpa tahun). Major Trends in Human Resources in the 21st Century. Didapatkan kembali dari:https://work.chron.com/major-trends-human-resources-21st-century-20735.html. Diakses tanggal 28 Juli 2018.

Sevilla, G., Concuelo., Ochave, A., Jesus., Punsalan, G., Twila., Regala,P., Bella., & Uriarte,G., Gabriel. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Penerbit Universitas Indonesia: Jakarta.

Soliman, Fawzy., & Spooner, Keri. (2000). Strategies for implementing knowledge management: role of human resources management. Journal of Knowledge Management, Vol. 4 No. 4, pp. 337-345.

Wright, Cindy. (2015). 21st-Century Human Resource Management Strategic Planning and Legal Issues. SAGE Publications Inc. : California, USA.

Downloads

Published

2019-02-11