SUATU KAJIAN MENGENAI KINERJA APARATUR YANG DIPENGARUHI OLEH KOMITMEN DAN BUDAYA KERJA SEBAGAI DAMPAK DARI KEPEMIMPINAN KEPALA KANTOR (SURVEY PADA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG BOJONAGARA)

  • Kristo Halley P Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Wilayah Jawa Barat I
  • Firman Darajat Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Wilayah Jawa Barat I
  • Aris Wibowo Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Wilayah Jawa Barat I
  • Rani Nurullita Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Wilayah Jawa Barat I
  • Eka Sunu Widiarto Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Wilayah Jawa Barat I

Abstract

Penelitian ini berjudul “Suatu Kajian Mengenai Kinerja Aparatur Yang Dipengaruhi Oleh Komitmen Dan Budaya Kerja Sebagai Dampak Dari Kepemimpinan Kepala Kantor, Survey Pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara  ” Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data-data dan informasi, lalu mengolahnya sehingga dapat memberikan gambaran secara jelas mengenai fungsi kemepimpinan, komitmen aparatur, budaya kerja serta Kinerja Aparatur Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis gambaran Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Kerja, Budaya Kerja  dan Kinerja Aparatur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Bojonagara serta pengaruhnya baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian deskriptif menunjukan skor rata-rata variabel Kinerja (Z) lebih rendah dibandingkan dengan variabel lainnya. Sedangkan skor rata-rata untuk variabel Komitmen (Y1) lebih tinggi dibandingkan variabel Budaya Kerja (Y2). Sedangkan hasil analisis verifikatif menunjukan bahwa total pengaruh variabel Kepemimpinan Transformasional (x) terhadap Komitmen Aparatur (Y1) sebesar 19,14% dan total pengaruh variabel Kepemimpinan Transformasional (x) terhadap Budaya Kerja (Y2) sebesar 20,6%. Komitmen Apatarur (Y1) mempunyai pengaruh total sebesar 50%. Variabel Budaya Kerja (Y2) total pengaruhnya terhadap kinerja sebesar 17,5%. Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R kuadrat) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besarnya kontribusi Komitmen Aparatur dan Budaya Kerja dalam menentukan variasi Kinerja(Z) adalah sebesar  67,5%.  sedangkan sisanya (Ɛ) sebesar 3,25% merupakan variabel lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi kinerja selain Komitmen Aparatur dan Budaya Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 1, 2020
How to Cite
P, Kristo Halley et al. SUATU KAJIAN MENGENAI KINERJA APARATUR YANG DIPENGARUHI OLEH KOMITMEN DAN BUDAYA KERJA SEBAGAI DAMPAK DARI KEPEMIMPINAN KEPALA KANTOR (SURVEY PADA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG BOJONAGARA). Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 22-37, july 2020. ISSN 1829-5762. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2896>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/kebijakan.v11i2.2896.