PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E-KTP TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KRAMATMULYA

Authors

  • Ahtu Duriat Prodi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Pasundan
  • Regan Vaughan Prodi Administrasi Publik, FISIP, Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2231

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan”. Pemerintah merupakan organisasi birokrasi dalam pelayanan publik, maka organisasi birokrasi pemerintahan merupakan organisasi terdepan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, maka pemerintah harus menempatkan jumlah dan kualitas staf/aparat yang ada sesuai dan memiliki pemahaman akan pelayanan publik yang baik. Pelayanan publik di Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan khusunya pelayanan pengurusan e-KTP dirasakan masih berbelit-belit, adanya ketidaktepatan waktu pelayanan, serta keramahan aparat pemerintah dalam pemberian pelayanan dinilai masih kurang. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar adanya penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan e-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kramatmulya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif survei dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh kualitas pelayanan e-ktp di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang diukur melalui dimensi pelayanan yakni Bukti Langsung (Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) sebesar 70,6 % (tujuh puluh koma enam persen), hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan e-ktp mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. BUKU

Fathoni, A. 2006. Metodologi, Penelitian, dan Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rhieka Cipta

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Satibi, Iwan. Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. 2012. Bandung: Unpas Press

Satibi, Iwan. Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CEPLAS (Centre For Political and Local Autonomy Studies).

Siagian, Sondang P. Filsafat Administrasi. 2014. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Priansa, Donni Junni. 2018. Manajemen Organisasi Publik. Bandung: Pustaka Setia

B. DOKUMEN

Undang-undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003

LPPD Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan

C. SUMBER LAIN

ENDEH, 2017, PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN, Skripsi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Bandung

Downloads

Published

2020-02-10