KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFId)

(Penelitian di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat)

Authors

  • Engkus Tyana 5Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung
  • Fajar Trisakti 5Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung
  • Asep Hidayat Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung
  • Nanang Suparman Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung
  • Unik Ludianingsih Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1420

Keywords:

Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Sistem RFId

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bahwa sebagai perpusakaan rujukan bertaraf Internasional sekaligus instansi pemerintahan non profit, Dispusipda Jawa Barat dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pemustaka, dengan pelayanan yang berkualitas ditunjang oleh teknologi yang canggih. Tentunya teknologi yang dipilih yaitu Radio Frequency Identification (RFId), teknologi yang ramah dan tepat guna,mudah diterima dan mudah dioperasionalkan oleh masyarakat, dari berbagai lapisan umur dan pendidikan. Rincian permasalahanya: (1) lokasi perpustakaan yang tidak strategis, (2) SDM yang belum kompeten dengan sistem, (3) sistem RFId sering mengalami gangguan, (4) ruang pembuatan kartu anggota tidak proporsional, (5) faislitas peprustakaan terbatas untuk pemustaka disabilitas, dan (6) pengalokasian biaya keterlambatan buku yang tidak transfaransi.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perpustakaanberbasis RFId di Dispusipda Jawa barat. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriftif dengan teknik wawancara,observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan perpustakaan berbasis RFId berdasarkan lima dimensi (tangibles, reliability, responsiveness, ansurance, empathy).Menjawab tantangan tersebut, terhitung sejak tahun 2013, semua aktivitas pelayanan perpustakaan di Dispusipda Jawa Barat telah dilengkapi manajemen perpustakaan berbasis teknologi, yang dipadukan dengan perangkat keras pendukung pengelolaan perpustakaan, yaitu menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFId). Simpulan dari keenam permasalahan yang diteliti hanya dua permasalahan yang tidak diakui kebenarannya yaitu menyangkut lokasi yang tidak strategis, dan sistem yang sering mengalami gangguan, yang tiga hal telah dilakukan upaya sebagai alternatif untuk penanganan masalah tersebut.Sedangkan untuk keempat permasalahan lainnya masih dirasakan keberadaannya sampai saat ini oleh petugas atau pustakawan Dispusipda Jawa Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku Teks :

Anggara, Sahya. (2015).Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Pustaka Setia.

Black, James. dan, Champion J, Dean. (2009) Metode & Masalah Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Engkus. (2017).Administrasi Kepegawaian Indonesia Pada Sektor Publik (Dalam Pendekatan Aparatur Sipil Negara). Bandung : FISIP UNPAS PRESS.

Engkus. (2017) “Implementasi Undang-undang Perdagangan : Implikasinya Dalam Kebijakan Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat"dalam Jurnal LITIGASI 18 (1). pp. 1-144.UNPAS. Bandung.

Engkus.(2017) “Budaya Panengen Sebagai Representasi Simbolik Kepemimpinan Desa Cikalong" dalam Jurnal Ilmiah seni dan budaya Panggung Vol.27 No.2 Juni 2017.Bandung:ISBI Bandung.

Harbani Pasolong. (2013).Teori Administrasi Publik.Bandung : Alfabeta

Hardiyansyah. (2011).Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta :Gava Media.

Hermawan, R. dan, Zen, Z. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap profesi dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta : Sagung Seto

Ibrahim, Amin. (2008).Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung : Mandar Maju.

Juniari dan Achmad Sodik. (2012). Hukum Administrasi Negara Dan Kebijakan Pelayanan Publik.Bandung : Nuansa.

Kencana, Inu. (2010).Ilmu Administrasi Publik. Jakarta : Rineka Cipta.

Lasa, Hs. (2013).Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta : Ombak.

Moenir, HAS. (2010).Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2013).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Pandian, Paul. (2001).RFId For Libraries A partical Guide. New Delhi : Chandos Publishing

Santosa, Pandji. (2012).Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance, Bandung : Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. (2001). Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008).Metodologi penelitian bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D).Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009).Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sutarno, NS. (2006). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto

Syafri, Wirman. (2012). Studi Tentang Administrasi Publik. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management : Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta : Andi.

Yamit, Zulian. (2002). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.

Peraturan Perundang-Undangan:

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 Pasal 3 tentang Perpustakaan.

Peraturan Daerah Jawa Barat Nomor 17 Pasal 3 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 81 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Jawa Barat Nomor 17 Tahun 2011.

Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur

Jawa Barat Nomor 99 Tahun 2015 tentang Pakaian Dinas Di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Dokumen :

Proposal Sinovik DISPUSIPDA JAWA BARAT 2017

RFId System Presentation DISPUSIPDA JAWA BARAT

Skripsi :

Putra, Adhitya, Meidi. (2014).Pengaruh Kualitas Pelayanan Pustaka terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Riyadi, Arvan, Fahmi.(2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pembuat Kartu Kuning (AK1) Di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Aipasha, Rian, Jevi, Muhammad.(2012). Efektivitas Radio Frequency Identification (RFId) di Kelompok Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang

Jundiah.(2015). Penerapan Layanan Mandiri dalam Sistem Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Berbasis RFID pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat. Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jurnal :

Engkus. (2013) Hubungan Antara Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Pegawai: Studi pada Organisasi Perangkat Daerah di Wilayah Metropolitan Bandung. Dalam Jurnal Ilmiah Focus Magister Administrasi,ISSN 2089-4112, Vol 4 No1 Februari 2015 .UPMI Medan.Halaman (3), 1-11.

Engkus.(2017) Kepuasan Kerja Dalam Kajian Administrasi Publik.Dalam Jurnal Demokrasi. Politik dan Kebijakan Publik. Halaman.(9). Halaman.1-25.

Engkus.(2016) Administrasi Publik Dalam Perspektif Ekologi. Dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (1). Halaman 91-101.

Santoso. (2014) Perencanaan dan Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Berbasis RFId.Dalam.Jurnal Teknologi dan Industri Vol. 3 (1). Halaman 48.

Supriyono. (2010) Penerapan Aplikasi RFID di Bidang Perpustakaan”. Halaman 8.

Maryono. (2005) Dasar-dasar Radio Frequency Identificatio(RFID) Yang Berpengaruh Di Perpustakaan. Dalam Jurnal Media Informasi.Vol. XIV (20). Halaman 19.

Yogi, Imanudin. (2017) .Kualitas Pelayanan Peprustakaan di Badan Peprustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Vol 2 (1). Halaman 21.

Internet :

http://dispusipda.jabarprov.go.id/. (Tanggal 11 November 2017)

www.kemenkeu.go.id/apbn2017 (Tanggal 10 September 2017)

Downloads

Published

2019-02-11