ANALISIS RESIKO KESEHATAN LINGKUNGAN UDARA AMBIEN TERHADAP PENGGUNA JALAN DAN MASYARAKAT SEKITAR PADA RUAS JALAN IR. SUKARNO SURABAYA

  • Taty Alfiah Fakultas Teknik Sipil Perencanaan, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Evi Yuliawati Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Abstract

Keberadaan Jl. Ir. Soekarno atau Merr, Surabaya meningkatkan akses menuju kawasan Surabaya timur yang merupakan area perumahan dan permukiman. Kemacetan lalu lintas pada Jl. Ir. Soekarno Merr, Surabaya semakin meningkat, terutama didominasi oleh kendaraan pribadi, baik roda 2 maupun roda 4 karena belum tersedia angkutan umum. Penelitian dilaksanakan pada ruas Jl. Ir. Soekarno Surabaya, dari peremapatan Stikom hingga perempatan Semolowaru, meliputi volume lalu lintas pada pagi dan sore hari, mengukur CO, Pb, PM10, dan kebisingan, pengumpulan data melalui kuisioner terhadap terhadap populasi beresiko (populasi yang melewati jalan (komuter), populasi yang beraktifitas dan populasi yang bertempat tinggal/bermukim). Kesimpulan penelitian adalah kualitas udara ambien pada ruas Jl. Ir. Soekarno, masih memenuhi baku mutu udara ambien nasional untuk parameter Pb, CO, PM10 dan bising. Analisis Resiko Kesehatan Lingkungan udara ambien Jl Ir. Soekarno atau Merr terhadap populasi komuter (pengguna jalan yang hanya melintas), populasi road side yaitu pekerja dan penghuni masih aman. Perhitungan karakterisasi resiko (RQ) menunjukkan hasil RQ < 1 untuk karbon monoksida (CO), timbal (Pb) dan partikulat PM10. Intreptasi ARKL untuk ketiga pencemar udara – CO, PM10 dan Pb masih dalam tingkat resiko “Aman” bagi komuter dan populasi road side untuk saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 20, 2018
How to Cite
ALFIAH, Taty; YULIAWATI, Evi. ANALISIS RESIKO KESEHATAN LINGKUNGAN UDARA AMBIEN TERHADAP PENGGUNA JALAN DAN MASYARAKAT SEKITAR PADA RUAS JALAN IR. SUKARNO SURABAYA. INFOMATEK, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 27-34, may 2018. ISSN 2614-7807. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/view/878>. Date accessed: 19 dec. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/infomatek.v20i1.878.