ANALISIS PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI MENGGUNAKAN ORGANIZATION CULTURE ASESSEMENT INSTRUMENT (OCAI) (STUDI KASUS AUTO 2000 CABANG SETIABUDHI BANDUNG)

Authors

  • Rizki Wahyuniardi Pasundan University

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v19i01.545

Keywords:

Budaya Organisasi, AUTO 2000, Organization Culture Asessement Instrument (OCAI)

Abstract

AUTO 2000 Cabang Setiabudhi Bandung merupakan jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan produk Toyota. Perusahaan ini merupakan dealer Toyota yang sukses di pasar nasional. Kesuksesan ini tidak luput dari persaingan yang ketat. Untuk memenangkan persaingan, diperlukan kondisi perusahaan yang adaptif dengan membangun dan menerapkan budaya organisasi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi, hasil pemetaan dan analisis rekomendasi di masa datang dengan menggunakan metode Organization Culture Asessement Instrument (OCAI). Metode ini digunakan untuk mengetahui budaya yang dirasakan saat ini dan yang diharapkan kedepannya. Tipe budaya dalam OCAI dibagi 4 yaitu: Clan, Adhocrachy, Market dan Hierarchy. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa budaya perusahaan saat ini adalah budaya market dan harapan pegawai terhadap budaya perusahaan di masa datang adalah market, clan dan hierarchy. Hal ini bisa dipengaruhi deskripsi pekerjaanya sehingga terfokus terhadap pekerjaan yang diberikan dan tidak melihat keadaan perusahaan secara umum. Dengan demikian dapat disimpulkan perlunya penyesuaian budaya organisasi menggunakan OCAI dengan visi, misi, serta nilai–nilai yang ada di perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Quinn, Robert E and Kim S, Cameron, 2006, Diagnosing and Changing Organizational Culture “Based on the Competing Values Framework”, Revised Edition, Jossey - Bass, United States of America.

Umartias, Muhammad, 2014, Pemetaan Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) Pada PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 6, No. 2, hal. 1 - 15.

Hitka, Milos, dkk., 2015, Corporate Culture as a Tool for Competitiveness Improvement, Procedia Economics and Finance, Vol. 34, pp. 27 - 34

Cendana, Syafiq Dinka Muhammad, 2016, Analisis Pemetaan Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) Pada PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 5, No. 3, hal.1-14

Suryani, Dewi, Budiono, 2016, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasi sebagai variabel Intervening pada PT. Kertas Rajasa Raya, Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol. 16, No. 1, hal. 29 -43

Efendi, Verisa A., Eddy Madiono Sutanto, 2013, Pengaruh Faktor-Faktor Kecerdasan Emosional Pemimpin terhadap Komitmen Organisasional Karyawan di Universitas Kristen Petra, AGODA, Vol. 1, No. 1

Downloads

Published

2017-11-09