STUDI IDENTIFIKASI PENCEMARAN UDARA OLEH TIMBAL (Pb) PADA AREA PARKIR

(Studi Kasus Kampus Universitas Pasundan Bandung)

Authors

  • Astri Widiyastuti Hasbiah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i1.508

Keywords:

Area Parkir, Pencemaran Udara, Timbal (Pb)

Abstract

Kontribusi pencemaran udara terbesar berasal dari emisi gas buangan kendaraan bermotor. Salah satu polutan yang dikeluarkan dari proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor adalah timbal (Pb) yang memiliki efek berbahaya bagi manusia. Tempat parkir ruang tertutup merupakan salah satu tempat yang berpotensitercemar Pb. Alternatif yang dapat digunakan untuk mengetahui pencemaran Pb di udara ambien adalah dengan melakukan pengambilan sampel udara ambien di lokasi tersebut mengunakan alat High Volume Air Sampler (HVAS). Penelitian ini dilakukan pada 2 lokasi parkirtertutup dan 1 lokasi parkir terbuka sebagai pembanding. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui konsentrasi Pb di masing-masing lokasi parkir. Pengukuran kualitas udara pada penelitian ini dilakukan selama 3 hari masing-masing selama 24 jam pada hari kerja. Metode yang digunakan yaitu pengabuan basah dan analisa sampel menggunakan alat Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS). Hasil analisa laboratorium menunjukkan bahwa rata-rata kandungan timbal (Pb) pada lokasi I sebesar 4,23 µg/Nm3 ,Lokasi II 8,93 µg/Nm3danlokasi III 0,62 µg/Nm3. Kandungan timbal (pb) di lokasi I dan II tidak memenuhi standar baku mutu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sedangkan pada lokasi III masih memenuhi standar baku mutu. Banyaknya jumlah dan jenis kendaraan bermotor yang terparkir sangat berpengaruh terhadap besarnya pemaparan Pb di ketiga lokasi tersebut. Selain faktor tersebut ada beberapa faktor yang ikut berkontribusi terhadap besarnya pemaparan pb diantaranya yaitu jenis ruangan parkir dan ventilasi udara di lokasi parkir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soemirat, J. 2009. Epidemiologi Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group. Jakarta.

Brass, G. M., Strauss, W. 1981. Air Pollution Control. Part IV. John Willey&Sons. New York.

SNI 19-7119.6-2005. Penentuan Lokasi Pengambilan Contoh Uji Pemantauan Kualitas Udara Ambien.

SNI 19-7119.3-2005. Cara Uji Partikel Tersuspensi Total Menggunakan Peralatan High Volume Air Sampler (HVAS) dengan Metoda Gravimetri.

http://labtek.co.id/index.php/our-products/jquery-submenu2/high-volume-air-sampler-tsp, diakses pada tanggal 13 Mei 2015 00:09 WIB.

SNI 19-7119.4-2005. Cara Uji Kadar Timbal (Pb) dengan Metoda Destruksi Basah Menggunakan Alat Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS).

Achmad, R. 2004. Kimia Lingkungan. Andi Yogyakarta.

Siregar, E. B. M. 2005. Pencemaran Udara, Respon Tanaman, dan Pengaruhnya pada Manusia. Fakultas Pertanian Program Studi Kehutanan Universitas Sumatera Utara. Medan.

Palar, H. 1994. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Mukono, H. J. 2006. Toksikologi Lingkungan. Penerbit Airlangga University Press. Surabaya.

Palar, H. 2004. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Librawati, T. P. 2005. Analisis Cemaran Pb pada Bawang Daun (Allium fistulosum L). Dieng Wonosobo, Skripsi, Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto.

Widagdo, S. 2005. Tanaman Elemen Lanskep Sebagai Biofilter Untuk Mereduksi Polusi Timbal (pb) di Udara. Makalah Program Pasca Sarjana (S3). Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Purwanita, N. 2009. Analisa Resiko Cemaran Pb Terhadap Petugas Parkir di Ruang Tertutup (Studi Kasus: Plaza Simpang Lima, Semarang). Skripsi. Program Studi Teknik Lingkungan. Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Dahlan, E. N. 1989. Studi Kemampuan Tanaman Dalam Menyerap Timbal Emisi dari Kendaraan Bermotor. Tesis, Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Prabu. 2009. Aspek Klimatologi Pencemarana Udara. https://putraprabu.wordpress.com/2009/01/02/aspek-klimatologi-pencemaran-udara/ diakses pada tanggal 18 Oktober 2015 00:13 WIB.

Wardhana, W. S. 2001. Strategi Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-10-13

Issue

Section

Articles