PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PEMANTAU LOKASI ANAK BERBASIS ANDROID

Authors

  • Wanda Gusdya Purnama Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i1.507

Keywords:

Gamifikasi, Location Based Service, Android, Perangkat Lunak

Abstract

Pada piramida kebutuhan, rasa aman termasuk pada kebutuhan primer, setelah kebutuhan fisiologi (seperti sandang, pangan, dan papan) terpenuhi. Untuk hal jaminan rasa aman, Indonesia bukanlah negara yang terbaik, dan tidak terlalu baik. Berdasarkan data crime index dan safety index yang dikeluarkan oleh Numbeo, Kaum yang paling banyak menjadi target kriminal adalah wanita dan anak-anak. Berbagai langkah pencegahan dilakukan, seperti membekali wanita dan anak-anak dengan kemampuan membela diri. Namun, kadang kemampuan membela diri saja tidak cukup, jika yang dihadapi adalah pelaku tindak kriminal yang berkelompok. Dengan memanfaatkan smartphone dengan sistem operasi android dan location based service, dimungkinkan untuk membuat teknologi pemantauan lokasi anak dan anggota keluarga lainnya dengan menerapkan konsep gamifikasi. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah rancangan perangkat lunak pemantau lokasi anak berbasis android.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maslow, Abraham, “A Theory of Human Motivation”. Start Publishing LLC, 2013.

________, “Crime Index by Country 2015”, Numbeo, 23 Maret 2015, http://www.numbeo.com/crime/rankings_by_country.jsp?title=2015.

________, ”Jumlah Tindak Pidana Menurut Kepolisian Daerah, 2000 – 2013”, Badan Pusat Statistik, 23 Maret 2015, http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1570.

________. “Persentase Penyelesaian Tindak Pidana Menurut Kepolisian Daerah, 2000-2013”, Badan Pusat Statistik, 23 Maret 2015, http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/15705.

________, “Gamification Wiki”, Gamification.org, 15 Mei 2016, https://badgeville.com/wiki/.

Vanjire, S., Kanchan, U., Shitole, G., Patil, P., “Location Based Services on Smart Phone through the Android Application.”, International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2014.

________, “Developers Android, Tools Help”, Google, 10 November 2015 http://developer.android.com/intl/in/tools/help/index.html.

________, “Developers Android, App Fundamentals“, Google, 10 November 2015, http://developer.android.com/intl/in/guide/components/fundamentals.html.

Essayad, Abdesslam., “Design and Implementation of a Platform for Location Based Services: a Case Study of GIS of Archaeological and Handicraft of Fez Medina”, Oktober 2015.

Downloads

Published

2017-10-13

Issue

Section

Articles