KAJIAN MITIGASI BENCANA KEBAKARAN DI PERMUKIMAN PADAT

(STUDI KASUS: KELURAHAN TAMAN SARI, KOTA BANDUNG)

Authors

  • Furi Sari Nurwulandari Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v18i1.506

Keywords:

bencana, kebakaran, mitigasi, permukiman padat

Abstract

Di Kota Bandung saat ini terjadi perkembangan permukiman padat, dan implikasi dari peningkatan kebutuhan permukiman ini tidak selalu disertai dengan kepedulian akan pentingnya keamanan dan keselamatan dari ancaman bencana, salah satunya kebakaran. Studi yang dilakukan adalah mengkaji bentuk mitigasi kebakaran di permukiman padat berdasarkan faktor-faktor bencana kebakaran yang terdapat di RW 9, RW 16 dan RW 20 Kelurahan Taman Sari. Pada studi ini analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif, yaitu menganalisis risiko bencana kebakaran berdasarkan karakteristik masing-masing wilayah dan memetakannya (maping), serta menyusun skenario mitigasi berdasarkan pendekatan mitigasi bencana dan manajemen kebencanaan. Berdasarkan nilai risiko bencana kebakaran di ketiga RW, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa RW 09, RW 16 dan RW 20 memiliki tingkat risiko bencana sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

BPS Kota Bandung. Bandung dalam Angka, 2010

Furi Sari Nurwulandari. 2012. Kajian Kemampuan Masyarakat di Permukiman Padat Dalam Mitigasi Kebakaran (Studi Kasus: Kelurahan Taman Sari, Kota Bandung) Tesis Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota. Institut Teknologi Bandung.

Pemerintah Kota Bandung. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Oetomo, Andi. 2007. Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana. Buletin Tata Ruang Mei-Juni 2007. Badan Koordinasi Tata Ruang Nasional, Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Budiman, Putra Arief. 2009. Kajian Persepsi Risiko dan Strategi Adaptasi Masyarakat Berpenghasilan Rendah terhadap Bencana Banjir Pasang (Studi Kasus : Kawasan Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara). Tugas Akhir Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Sekolah Arsitektur

Downloads

Published

2017-10-13

Issue

Section

Articles