PERANCANGAN ALAT BANTU PEMINDAHAN BRAKE CYLINDER DI DEPARTEMEN SARANA KERETA API PT. PINDAD (PERSERO)

Authors

  • Ragil Pardiyono Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung
  • Cut Ivo Errent Zairda Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v22i1.2746

Keywords:

Work System, Tools, Brake Cylinder, Rational Method, Anthropometry

Abstract

Abstrak:  PT. PINDAD (PERSERO) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memproduksi alat utama sistem persenjataan TNI dan peralatan industri. Departemen Sarana Kereta Api merupakan bagian  PT. PINDAD (PERSERO) yang mendukung produksi internal, memenuhi permintaan pasar lokal/ekspor sistem pengereman kereta api.Terdapat satu komponen yang pengerjaan perakitan, pengujian tidak sesuai SOP yaitu Brake Cylinder. Target waktu tidak tercapai pada kegiatan transportasi saat operator mengambil material dari mesin rakit yang dibawa ke mesin pengujian, dan membawa material dari mesin pengujian ke penyimpanan dengan selisih waktu 9 menit. Ini disebabkan oleh faktor manusia, operator mengalami kelelahan fisik karena belum tersedia alat bantu. Nilai LI≥3, aktivitas menimbulkan cedera tulang belakang. Masalah diatasi dengan merancang alat bantu pemindahan Brake Cylinder. Metode yang digunakan yaitu metode rasional. Desain disesuaikan dengan dimensi meja uji, rakit, dan dimensi produk lain. Anthropometri dan persentil yang digunakan yaitu tebal telapak tangan genggam (50%) dan tinggi siku berdiri (50%). Katrol untuk mengangkat produk (mannual chain block), meja penahan sebagai penyangga (besi plat hitam), roda untuk memindahkan alat (Duty Polyurethane), rangka atas (besi baja H Beam), rangka samping (besi kotak), engsel (rel sliding). Biaya untuk membuat 1 unit alat bantu ini sebesar Rp 8.264.000,-.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D.A., Daus, R.A. “Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Recommended Weight Limit (RWL) di PT. Indah Kiat Pulp and Paper. Tbk”, Surya Teknika, Vol. 1 No. 4, pp. 49-55, 2016

Waters, T. R., Putz-Anderson, V., & Garg, A. (1994). Applications manual for the revised NIOSH lifting equation.

Novariyanto, F., Suparti, E. “Analisis Pengangkatan Beban Air Galon dengan Pendekatan Fisiologi dan Biomekanika (Studi Kasus: di Toko Sejahtera Surakarta”, Tekinfo Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi, Vol. 5 No. 1, pp. 42-51, 2016.

Kurnianingtyas, C.D., Heryawan, T. “Rancangan Alat Potong Kulit Bahan Baku Tas dengan Metode Rasional”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 17 (2), pp. 99-107, 2018.

Cross, N., & Roy, R. (1989). Engineering design methods (Vol. 4). New York: Wiley.

Riyanto, O.A.W. “Simulasi Model Sistem Kerja pada Departemen Injection untuk Meminimasi Waktu Work-In-Process”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 15 (1), pp. 69-78, 2016.

Ekoanindiyo, F. A. (2011). Pemodelan Sistem Antrian Dengan Menggunakan Simulasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 5(1).

Nasution, A. H., & Prasetyawan, Y. (2008). Perencanaan dan pengendalian produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jaelani, E. (2012). Perencanaan dan pengembangan produk dengan quality function deployment (QFD). Jurnal Sains & Manajemen Akuntansi, 4.

Wagiono, Y.K., Hamrah. “Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Informasi Penyempurnaan Perakitan Varietas Melon”, Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian, Vol. 1 No. 2, pp. 48-57, 2007.

Azizah, I.N., Lestari, R., Purban, H.H. “Penerapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Konsumen pada Industri Komponen Otomotif”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 19 No.2, pp. 127-136, 2018.

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. Routledge.

Downloads

Published

2020-06-08