PENGARUH VARIASI TEMPERATUR DAN WAKTU TAHAN (HOLDING TIME) PADA PROSES ARTIFICIAL AGING TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN ALUMINIUM AC2C

Authors

  • Aa Santosa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i2.1979

Keywords:

Alumunium Paduan, Perlakukan Panas, Kekerasan

Abstract

Salah satu cara merubah sifat mekanik suatu logam dengan cara proses perlakuan panas. hardness lunak, dan retak (crack) pada produk cor adalah salah satu masalah yang dapat timbul akibat proses perlakuan panas (heat treatment) pada aluminium paduan. Perlu tidaknya perlakuan panas dan bagaimana perlakuan panas yang dilakukan tergantung pada sifat coran dan penggunaanya. Untuk itu perlu diketahui secara mendalam sifat-sifat coran tersebut. Selain perlakuan panas yang dilakukan sifat mekanis logam juga akan dipengaruhi oleh proses pendinginan yang dilakukan. Pada penelitian ini, fokus masalah yang ingin dipelajari adalah  perlakuan panas khususnya pada proses  Artificial Aging  pada aluminium paduan tipe AC2C Pengujian dilakukan pada aluminium paduan type AC2C Analisa kekuatan bahan dengan pengujian yang meliputi Uji keras (HB), Struktur mikro. Temperatur solution treatment  pada suhu 5050C, Temperatur artificial aging pada suhu 1500C dan 2000C, Waktu penahanan (holding time) 1 jam, 3 jam, dan 5 jam.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Askeland, The Science and Engeneering of Materials, Third Edition.

ASM Handbook.2005. Volume 1, Propertties and Selection : Iron Steels and High Performance Alloys. ASM International

ASTM E 10-01. 2004. Standart Test Method for Brinell Hardness of Metallic Materials ASTM International

Iswanto, E. 2013, Pengaruh heat treatment T6 dengan variasi suhu aging terhadap karaktaeristik sifat fisik dan mekanik pada material Velg produk alumunium A336 produk )EM ternama, Universitas Gajah Mada.

Taufik, T. dan Akhmad, K. 2010, Pengaruh temperature aging dan orientasi butiran terhadap sifat mekanis paduan Al 2014, JTM, Voil.XVII No.3

Prakoso, Catur., (2009) “Analisis Sifat Fisis Dan Mekanis Alumunium Paduan Al-Si-Cu Terhadap Perlakuan Solution Treatment 450°C, Quenching Dengan Air, Dan Aging 150°C”, Diunduh pada bulan maret 2015.

Downloads

Published

2019-11-16