PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA TENAGA KEPENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Fahmi Choirunsyah Universitas Pasundan
  • Hery Heryanto Fakultas Pascasarjana – STMIK LIKMI

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v21i1.1609

Keywords:

Business Process, Work System Framework (WSF), 10-Step Knowledge Management Roadmap, Tenaga Kependidikan, Pendidikan Tinggi

Abstract

Universitas Pasundan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka yang ada di Jawa Barat. Sebagai universitas yang terus melakukan perbaikan dalam kinerjanya, Universitas Pasundan harus dapat menjawab tantangan zaman dari mulai peningkatan infrastruktur, kinerja dosen, sampai kepada tenaga kependidikan sebagai ujung tombak pelayanan yang dilakukan kepada mahasiswa, dosen dan sesama karyawan. Tenaga kependidikan dituntut dengan cepat beradaptasi dan belajar mengenai kemampuan teknis dalam berbagai bidang yang ada dilingkungan Universitas. Untuk mengatasi masalah unversitas secara keseluruhan, mulai dari tuntutan adaptasi terhadap pekerjaan yang ada sehingga terbentuk proses pelayanan yang baik dan cepat, perlu adanya suatu sistem yang dapat mengelola dan mendistribusikan pengetahuan kepada karyawan agar pengetahuan yang ada pada karyawan senior (pakar) dapat dimiliki oleh karyawan yang baru serta meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pekerjaan yang selalu berulang. Penelitian ini berfokus kepada Perancangan Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management System) untuk tenaga kependidikan di perguruan tinggi studi kasus pada Universitas Pasundan dalam upaya menjawab tantangan jaman dan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan Work System Framework, Knowledge Taxonomies, dan 6 Langkah dari The 10-Step Knowledge Management Roadmap. Hasil akhir adalah blueprint berupa prototype KMS untuk mengelola KM di Universitas Pasundan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://sdm.unpas.ac.id/index.php/dashboard. Dashboard Eksekutif SDM 2018. Diakses 24 September 2018.

Dalkir, K. Knowledge Management in Theory and Practice, USA: Elsevier Inc., 2005

Prabowo, H. “Knowledge Management di Perguruan Tinggi,” Binus Business Review vol.1 no.2, pp. 407-415, 2010.

Choirunsyah, F. A., Lidya, L. “Studi Penerapan Knowledge Management Pada Pemberi Layanan Tingkat Pertama Sistem Jaminan Kesehatan Nasional”, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2016, pp. 425-430, 2015.

Alter, S. Information System: The Foundation of E-Businnes, USA: Prentice Hall, Fourth Edition, 2002.

Tiwana, A. The Knowledge management Toolkit, New York: Prentice Hall PTR Upper Saddle River, 2000.

Downloads

Published

2019-06-15