ANALISIS KEBOCORAN BELOKAN PIPA EVAPORATOR PADA HRSG AKIBAT BEBAN TERMAL

Authors

  • Aa Santosa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Nugraha Fakultas Teknik – Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.1210

Keywords:

Evaporator, Fleksibelitas, HRSG

Abstract

HEAT  RECOVERY  STEAM  GENERATOR  yang digunakan pada system Pembangkit Listrik Tenaga Gas uap di suatu pembangkit listrik mengalami masalah yang sama setelah beroprasi dalam jangka waktu tertentu. Pipa-pipa LP evaporator selalu mengalami kebocoran di lokasi yang sama dan kejadiannya selalu berulang-ulang walaupun sudah dilakukan perbaikan pada lokasi kebocoran tersebut. Pipa-pipa tersebut berfungsi untuk menyerap panas dari gas panas untuk memproduksi uap yang kemudian disalurkan ke system turbin uap. Lama kelamaan pipa-pipa tersebut mengalami penumpukan kotoran sehingga menutupi bagian permukaannya yang mengakibatkan laju perpindahan panas tidak optimal kotoran yang menempel pada pipa tersebut cenderung lebih banyak di sisi sebelah barat dari HRSG dibandingkan dengan sebelah timur, keadaan tersebut hampir terjadi di semua unit HRSG di perusahaan pembangkit yang ditinjau. Analisa aliran dilakukan untuk mengetahui kondisi laju alirangas panas di dalam HRSG. HRSG dimodelkan dalam bentuk gambar SolidWork dengan skala 1:1 kemudian disimulasikan menggunakan Software Computational fluid dynamic (CFD). Dari hasil analisis CFD terjadi ketidakseragaman aliran gas panas pada HRSG antara sisi sebelah timur dan sebelah barat, aliran sebelah timur cenderung lebih cepat dibanding sebelah barat sehingga terjadi penumpukan kotoran pada bagian sebelah barat. Hasil pengukuran juga menunjukan adanya ketidakseragaman kecepatan aliran antara sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur. Hasil sebanding antara proses pengukuran dan simulasi menunjukan kecepatan hasil analisis yang baik. Rekomendasi yang lainnya supaya menjaga fleksibilitas pipa-pipa header untuk mengantisipasi terjadinya  ekspansi termal yang bisa mengakibatkan kebocoran pada pipa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASME Code for Pressure Piping, B31.3, 1996, Process Piping, American Society of Mechanical Engineers, New York, Including ASME B31.3a-1996.

API Standard 661, 1997, Air-Cooled Heat Exchangers for General Refinery Services, American Petroleum Institute, Washington, DC.

Arismunandar, Wiranto. Penggerak Mula, Turbin. Bandung:ITB. 1982.

Kannapan, Sam. 1986. Instroduction to Pipe Stress Analysis. Jhon Wiley And Sons, Inc., U.S.A.

Electric, General. Steam Turbin Operation Training Manual Volume I PLN Sumitomo Tambak Lorok Indonesia. USA : General Electric Company. 1997.

Dietzel, Fritz. Turbin Pompa dan Kompresor. Jakarta:Erlangga. 1994.

W.M. Kays and A.L. London, Compact Heat Exchangers, Second Edition, McGraw-Hill Book Co., New York, 1964.

B.R. Munson, D.F. Young, T.H. Okiishi, Fundamentals of Fluids Mechanics, Edisi 4, Jhon Wiley & Sons, Inc, New York, 2002.

Burlian, F. Ghafara, A. Maret 2013, “Perancangan Ulang Heat Recovery Steam Generator dengan Sistem Dual Pressure Melalui Pemanfaatan Gas Buang Sebuah Turbin Gas Berdaya 160 MW”. Jurnal Rekayasa, Volume 13, No. 1. ISSN. 233H-7089.

Holman, E. Jasjfi, Terjemahan. Perpindahan Kalor, Penerbit Erlangga 1988.

H. Abdurachim, Analisa Kegagalan pada Pipa LP Evaporator HRSG 1.3, laporan kerja LAPI ITB-PT. Indonesia Power, LAPI ITB, 2013.

Downloads

Published

2018-11-23