IMPLEMENTASI DATA MART PENJUALAN PADA PT. SINKHOKKI

Authors

  • Po Abas Sunarya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja
  • Ignatius Joko Dewanto Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja
  • Samuel David Tiwa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.1208

Keywords:

Agile, ETL, Independent Data Mart, Kinball, UU ITE

Abstract

Permasalahan penjualan dengan sepenuhnya menggunakan IT adalah sulit sepenuhnya untuk menentukan perencanaan pasokan dan penjualan PT. Sinkhokki belum lagi yang menyangkut peraturan dan kendala yang menyangkut  aspek UU ITE, tujuan penelitian ini adalah melakukan rekayasa IDM (Independent Data Mart) dengan sinkronisasi antara basis data departemen penjualan dan departemen gudang dari PT. Sinkhokki sehingga menjadi sebuah independent data mart. Sinkronisasi dilakukan melalui proses ETL (Extracts, Transformations dan Loading). Analisis data mart Kimball, pengembangan sistem Agile. Tools yang digunakan Xamp dengan peralatan Apache, PHP, dan MySql, serta pengembangan dashboard. Keluaran Independent Data Mart ini datanya dapat digunakan  bagian gudang dan bagian penjualan yang datanya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan strategis dan bisnis gudang dan penjualan.  Tindak lanjut penelitian dapat memprediksi penjualan yang akan datang, sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen PT. Sinkhokki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, http://bti.unpar.ac.id/undang-undang-ite/, (diakses : 04 April 2018)

Abrahamsson, P., Salo, O., Ronkainen, J., & Warsta, J. (2002). Agile Software Development Methods: Review and analysis, VTT publication 478, Espoo, Finland, 107p.

Arifin., Kusrini., Luthfi, Emha T. (2014). Perancangan Dan Implementasi Data Warehouse Pemasaran Pada CV. Diandra Primamitra Media Yogyakarta. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Vercellis, C. (2009). Business Intelligence: Data mining And Optimization For Decision Making. Padstow: John Wiley & Son Ltd.

Downloads

Published

2018-11-23