IMPLEMENTASI DATA MART PENJUALAN PADA PT. SINKHOKKI

  • Po Abas Sunarya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja
  • Ignatius Joko Dewanto Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja
  • Samuel David Tiwa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja

Abstract

Permasalahan penjualan dengan sepenuhnya menggunakan IT adalah sulit sepenuhnya untuk menentukan perencanaan pasokan dan penjualan PT. Sinkhokki belum lagi yang menyangkut peraturan dan kendala yang menyangkut  aspek UU ITE, tujuan penelitian ini adalah melakukan rekayasa IDM (Independent Data Mart) dengan sinkronisasi antara basis data departemen penjualan dan departemen gudang dari PT. Sinkhokki sehingga menjadi sebuah independent data mart. Sinkronisasi dilakukan melalui proses ETL (Extracts, Transformations dan Loading). Analisis data mart Kimball, pengembangan sistem Agile. Tools yang digunakan Xamp dengan peralatan Apache, PHP, dan MySql, serta pengembangan dashboard. Keluaran Independent Data Mart ini datanya dapat digunakan  bagian gudang dan bagian penjualan yang datanya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan strategis dan bisnis gudang dan penjualan.  Tindak lanjut penelitian dapat memprediksi penjualan yang akan datang, sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen PT. Sinkhokki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 23, 2018
How to Cite
SUNARYA, Po Abas; DEWANTO, Ignatius Joko; TIWA, Samuel David. IMPLEMENTASI DATA MART PENJUALAN PADA PT. SINKHOKKI. INFOMATEK, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 79-94, nov. 2018. ISSN 2614-7807. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/view/1208>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.1208.