HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, POLA KONSUMSI DAN RAIHAN NILAI PADA MATAKULIAH ILMU GIZI PANGAN MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PANGAN FAKULTAS TEKNIK UNPAS BANDUNG

  • sumartini sumartini Universitas Pasundan

Abstract

Mahasiswa merupakan sumber daya manusia untuk pembangunan di masa mendatang. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor penting untuk menjaga kualitas hidup manusia yang optimal adalah kesehatan dan gizi, sedangkan kualitas sumber daya manusia digambarkan melalui pertumbuhan ekonomi, usia, harapan hidup dan tingkat pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, pola konsumsi dan raihan  nilai pada matakuliah ilmu gizi pangan pada mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan FT UNPAS Bandung. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pola konsumsi sesuai dengan pengetahuan gizi sehingga siswa dapat memperoleh status gizi ideal dan meningkatkan kesadaran akan kebiasaan makan yang baik di Program Studi Teknologi Pangan FT UNPAS Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional analitik dengan menggunakan pengetahuan gizi, pola konsumsi dan status gizi sebagai variabel. Total populasi adalah 300 mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan FT UNPAS yang mengambil matakuliah ilmu gizi pangan Bandung. Sampel sebanyak 175  siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan gizi dan Food Frequency Questionnaire (FFQ). Data tabulasi dan analisis data disajikan dalam persentase dan analisis korelasi dengan metode Chi Square. Berdasarkan penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan status gizi, (2) ada hubungan antara pola konsumsi dengan status gizi, (3) ada hubungan antara pengetahuan gizi dan pola konsumsi dengan status gizi pada mahasiswa (4) ada hubungan antara raihan nilai dengan status gizi, pada mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan FT UNPAS  dan jajanan yang ada di kampus IV UNPAS sudah memenuhi asupan gizi untuk makanan siang mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan FT UNPAS.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 25, 2019
How to Cite
SUMARTINI, sumartini. HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, POLA KONSUMSI DAN RAIHAN NILAI PADA MATAKULIAH ILMU GIZI PANGAN MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PANGAN FAKULTAS TEKNIK UNPAS BANDUNG. Pasundan Food Technology Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 31-39, apr. 2019. ISSN 2615-1405. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/foodtechnology/article/view/1509>. Date accessed: 17 july 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pftj.v6i1.1509.