UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH NASIONAL DALAM ERA GLOBALISASI

Sejarah, Kesadaran, Era Globalisasi

  • Emy Yunita Rahma Pertiwi Universitas Hasim Asy'ari

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran sejarah terlihat adanya kecenderungan transfer informasi dari guru kepada siswa kurang memperhatikan keterampilan intelektual dan peningkatan kesadaran sejarah peserta didik. Pembelajaran sejarah di sekolah lebih banyak menekankan hafalan dan menggunakan metode ceramah, sehingga membosankan. Terdapat pemahaman keliru tentang belajar sejarah yang sering dianalogkan dengan belajar hapalan tentang tokoh-tokoh sejarah, peristiwa-peristiwa sejarah, waktu peristiwa, dan kejadian-kejadian sejarah. Untuk itu perlu dikembangkan pembelajaran sejarah yang dapat mengajak siswa berpikir kritis dan dapat memetik manfaat dari belajar sejarah, sehingga tumbuh dan berkembang kesadaran sejarahnya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti dalam rangka mengetahui dan memahami cara pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah dalam era globalisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian library riset.
Sesuai dengan kompleksitas dan globalnya kecenderungan dan perkembangan masyarakat dalam perjalanan sejarahnya, maka sudah pada tempatnya apabila persepektif pengajaran sejarah berorientasi pada masa depan. Hal ini berarti akan memerlukan orientasi, atau mungkin lebih tepat perluasan wawasan pengajaran sejarah, yaitu dari orientasi pengajaran sejarah yang menekankan aspek masa kelampauannya (past oriented), perlu diperluas kearah orientasi pengajaran sejarah berwawasan masa depan (future oriented). Di tengah iklim globalisasi, ilmu sejarah tetap diperlukan baik sebagai penopang identitas nasional, maupun problem solver masalah-masalah lokal, regional, nasional, dan global.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 5, 2018
How to Cite
PERTIWI, Emy Yunita Rahma. UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH NASIONAL DALAM ERA GLOBALISASI. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, feb. 2018. ISSN 2580-0086. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/civicedu/article/view/625>. Date accessed: 24 jan. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/civicedu.v2i1.625.