KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TERHADAP MUTU SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SUBANG

  • Asep Deni Normansyah Universitas Pasundan

Abstract

Manajemen sekolah bermutu adalah suatu peningkatan mutu yang bertumpu pada sekolah itu sendiri, mengimplikasikan sekumpulan teknik mendasarkan pada ketersedian data kuntitatif dan kualitatif, serta pemberdayaan semua  komponen sekolah untuk secara berkesinambungan meningkatkan kapasitas dan kemampuan organisasi sekolah guna memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel diambil secara random sebanyak 100 guru yang tersebar dari 30 program kehalian atau jurusan dari 10 Sekolah Menengah Kejuruan  di lingkungan dinas pendidikan kabupaten subang. Sedangkan instrumen penelitian berupa angket tertutup dengan sekala likert. Teknik analisis yang digunakan  korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa 1). mutu sekolah atau Variabel Y berada dalam kategori sangat tinggi, 2). Sedangkan untuk  kepemimpinan  berada dalam ketegori sangat tinggi, 3). kontribusi kepemimpinan terhadap mutu sekolah menengah kejuruan di kabupaten subang sangat tinggi 42,90%. Berdasarkan penelitian yang dikemukakan masih perlu ada perbaikan khususnya dalam aspek 1).  lingkungan sekolah yang aman dan tertib, 2). sekolah memiliki misi dan target mutu yang ingin dicapai, sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 27, 2017
How to Cite
NORMANSYAH, Asep Deni. KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TERHADAP MUTU SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SUBANG. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-35, feb. 2017. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/civicedu/article/view/271>. Date accessed: 14 dec. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.23969/civicedu.v1i1.271.
Section
Articles