Jurnal Civic Edu digagas dan didirikan pertama kali pada tahun 2016 dengan tujuan sebagai media publikasi hasil riset dan pengembangan Ilmu dan Pendidikan Kewarganegaraan.  Jurnal Civic Edu awal mulanya adalah jurnal cetak yang bernama FOCATION dengan beberapa kali berganti personalia manajemen, jurnal ini telah terbit dalam bentuk cetak sebanyak 7 volume. Bergelut dengan berbagai kendala, jurnal ini sempat stagnan dari penerbitan. Kini, dengan munculnya perubahan paradigma tata kelola terbitan berkala ilmiah yang dimuat dalam Kebijakan Akreditasi Terbitan Berkala oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementrian RISTEKDIKTI, serta didasarkan pada Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tingg Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Ilmiah yang menerapkan sistem akreditasi berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna), maka tata kelola jurnal Civic Edu dikembangkan menjadi sebuah terbitan berkala yang berbasis elektronik. Civic Edu diterbitkan dua kali dalam satu tahun dengan double-blind review.

Visi:

Media publikasi hasil penelitian Ilmu dan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Politik, Pendidikan Hukum serta Pendidikan Interkultural terkemuka dalam menunjang ketercapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang Ilmu Kewarganegaraan

Misi:

Memberi wadah publikasi bagi penulis untuk menuangkan gagasan, kajian dan hasil penelitian terkait  Ilmu dan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Politik, Pendidikan Hukum dan Pendidikan Interkultural.

secara selektif mendiseminasikan gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait Ilmu dan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Politik, Pendidikan Hukum serta Pendidikan Interkultural.