Efektivitas Model Guided Inquiry dan Self Effikasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biologi

Efektivitas Model Guided Inquiry dan Self Effikasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMA

  • Tedy Haryadi UNJ

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry dan self efficacy terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan. Subyek penelitian yaitu kelas XI MIA 4 dan XI MIA 7 di SMA Negeri 1 Bandung yang berjumlah 74 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan sample random sampling. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lima pilihan jawaban tes akhir, dalam bentuk materi objektif dan kuisioner self efficacy. Nilai rata-rata tes akhir yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry kelompok eksperimen adalah 72,78 dan rata-rata ujian akhir yang menggunakan model pembelajaran group investigation kelompok kontrol adalah 58,94. Nilai rata-rata kemampuan self efficacy pada pembelajaran guided inquiry yaitu 82,91 sedangkan kemampuan self efficacy pada pembelajaran group investigation yaitu 79,45.  Perhitungan uji Anava 2 arah dipatkan hasil untuk penggunanan model pembeljaran dan self efficacy memiliki nila sig. < 0,05 maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar biologi antara siswa yang memiliki self efficacy pada model pembelajaran guided inquiry dengan model pembelajaran group investigation. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat efektifitas penerapan Guided Inquiry dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan.
Kata kunci: Guided Inquiry, Group Investigation, Self Efficacy.
 
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of learning models guided inquiry and self efficacy on learning outcomes in the respiratory system material. The subjects of the study were XI MIA 4 and XI MIA 7 in SMA Negeri 1 Bandung, amounting to 74 students. Determination of sample by using sample random sampling. This research method uses quasi experiment with 2 x 2 factorial design. The instrument in this research consists of five choices of final test answers, in the form of objective material and self efficacy questionnaire. The mean score of the final test using the experimental group experimental guided inquiry model was 72.78 and the mean final exam using the control group group investigation model was 58.95. The average value of self efficacy ability in guided inquiry learning is 89.92 while self efficacy ability in study group investigation is 79.46. The calculation of the 2-way Anova test resulted for the use of the learning model and self-efficacy has indigo sig. <0.05 then H0 is rejected means there are significant differences in biology learning outcomes between students who have self efficacy in guided inquiry learning model with group investigation learning model. The results of this study can be concluded there is effectiveness of the application of Guided Inquiry and self efficacy to student learning outcomes on the respiratory system material.
Keywords: Guided Inquiry, Self Efficacy, Learning Outcomes
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2018
How to Cite
HARYADI, Tedy. Efektivitas Model Guided Inquiry dan Self Effikasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biologi. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 6-10, may 2018. ISSN 2549-0486. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/686>. Date accessed: 13 dec. 2018.