Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Information Technologi (IT) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pernapasan Manusia

  • Indra Hernawan STKIP Al-Amin Indramayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan komparatif dalam kreativitas siswa yang mendapatkan inkuiri terbimbing belajar dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dilakukan pada siswa dalam satu sekolah dasar di Indramayu, Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis (posttest), observasi, dan tanggapan kuesioner guru dan siswa tentang penggunaan media simulasi virtual dalam dipandu pembelajaran inquiry. Model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk kelas eksperimen, yang berlangsung selama tiga pertemuan, dan dimulai dengan tes awal dan berakhir dengan ujian akhir menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam kemampuan kreativitas siswa di kedua kelas dengan rata-rata siswa ujian akhir kreativitas 83,64 untuk kelas eksperimen dan kelas rata-rata sebelum 53,54, kesimpulan yang ditarik berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis menggunakan statistik Mc Nemar: 6,604, untuk pencapaian kemampuan kreatif siswa diperoleh hasil yang meningkatkan kemampuan kreativitas mahasiswa dalam kelas eksperimen dengan kelas sebelumnya berbeda secara signifikan. Sehingga penerapan dipandu penyelidikan model dengan pendekatan penyelidikan tentang masalah pernapasan pada manusia belajar dapat lebih meningkat kankarakter kreativitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sebagian besar siswa termotivasi untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran, dan ingin Penerapan model inkuiri terbimbing berbasis IT yang dapat diterapkan untuk bahan biologis lainnya. Dengan demikian penerapan model berbasis IT inkuiri terbimbing efektif dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dan memberikan stimulus positif bagi siswa untuk belajar biologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2017
How to Cite
HERNAWAN, Indra. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Information Technologi (IT) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pernapasan Manusia. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 36-42, oct. 2017. ISSN 2549-0486. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/524>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.524.