Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Information Technologi (IT) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.524Keywords:
inkuiri terbimbing berbasis IT dan sistem pernapasan manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan komparatif dalam kreativitas siswa yang mendapatkan inkuiri terbimbing belajar dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dilakukan pada siswa dalam satu sekolah dasar di Indramayu, Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis (posttest), observasi, dan tanggapan kuesioner guru dan siswa tentang penggunaan media simulasi virtual dalam dipandu pembelajaran inquiry. Model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk kelas eksperimen, yang berlangsung selama tiga pertemuan, dan dimulai dengan tes awal dan berakhir dengan ujian akhir menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam kemampuan kreativitas siswa di kedua kelas dengan rata-rata siswa ujian akhir kreativitas 83,64 untuk kelas eksperimen dan kelas rata-rata sebelum 53,54, kesimpulan yang ditarik berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis menggunakan statistik Mc Nemar: 6,604, untuk pencapaian kemampuan kreatif siswa diperoleh hasil yang meningkatkan kemampuan kreativitas mahasiswa dalam kelas eksperimen dengan kelas sebelumnya berbeda secara signifikan. Sehingga penerapan dipandu penyelidikan model dengan pendekatan penyelidikan tentang masalah pernapasan pada manusia belajar dapat lebih meningkat kankarakter kreativitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Sebagian besar siswa termotivasi untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran, dan ingin Penerapan model inkuiri terbimbing berbasis IT yang dapat diterapkan untuk bahan biologis lainnya. Dengan demikian penerapan model berbasis IT inkuiri terbimbing efektif dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dan memberikan stimulus positif bagi siswa untuk belajar biologi.Downloads
References
Borg,W.R dan Gall,M.D. 1989. Education Research An Introduction, New York Longman
Bundu, P. 2004. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta : Depdiknas
Purwanto,M.N. 2010. Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyati. 2007. Strategi Belajar Mengajar Kimia . Malang: UM Press.
Sugiharto, 2007. Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta: UNY Press
Siswoyo. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press