Potensi Rumput Akar Wangi (Vetiveria zizanoides L.) Sebagai Akumulator Logam Berat Timbal (Pb) Pada Tailing Tambang Emas Dengan Pengindus Amonium Sulfat

  • gurnita gurnita Universitas Pasundan

Abstract

Logam Timbal (Pb) merupakan logam berat yang bersifat toksik terhadap organisme. Aktivitas manusia dalam kegiatan industri yang membuang limbahnya ke perairan yang mengandung Pb juga dapat menjadi sumber pencemaran Timbal. Untuk mengatasi permasalahan ini, beberapa penelitian sudah dilakukan untuk mereduksi Pb agar kadarnya di lingkungan dapat dikendalikan salah satunya dengan teknik fitoremediasi. Teknik ini memanfaatkan tanaman untuk menghilangkan atau menghancurkan kontaminan. Penelitian yang telah dilakukan dengan teknik fitoremediasi adalah menggunakan tanaman akar wangi (Vetiveria zizanioides) sebagai penyerap logam berat timbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman tersebut mempunyai kemampuan yang baik untuk menyerap logam timbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemapuan tanaman akarwangi yang dalam menyerap dan mengakumulasi Pb dengan penambahan senyawa pengindus amonium sulfat (ZA). Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai metode alternatif penanganan limbah logam berat timbal tanpa menggunakan reagen kimia, yaitu dengan menggunakan tanaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik ex situ yaitu tanah (tailing) yang tercemar dipindahkan ke dalam sebuah tempat (dalam penelitian ini digunakan pot berkapasitas ± 6.000 gram) dan ditanami tanaman akarwangi. Pengukuran kadar Pb dalam media tanam (tailing) dan tanaman akarwangi dilakukan setelah tanaman berusia selama 8 minggu setelah tanam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanaman akarwangi yang berasal dari Cibaliung dapat menyerap logam berat Pb tertinggi yaitu sebesar 8,11 mg.kg-1 pada pemberian pengindus ZA sebanyak 26,73 g per pot. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman akarwangi dapat menyerap logam berat Pb dalam tanah dan tanaman tanaman ini dapat digolongkan menjadi tanaman hiperakumulator terhadap logam berat Pb.Tanaman akarwangi yang berasal dari wilayah Cibaliung Banten, dapat menyerap logam berat Pb lebih banyak dibandingkan dengan tanaman akarwangi yang berasal wilayah Tanjungsari kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 23, 2017
How to Cite
GURNITA, gurnita. Potensi Rumput Akar Wangi (Vetiveria zizanoides L.) Sebagai Akumulator Logam Berat Timbal (Pb) Pada Tailing Tambang Emas Dengan Pengindus Amonium Sulfat. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-35, oct. 2017. ISSN 2549-0486. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/373>. Date accessed: 23 apr. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.373.