Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa (Studi Kasus pada Permasalahan Lingkungan Global)

Authors

  • Dita Agustian Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.372

Keywords:

Efektifitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kepedulian Lingkungan, dan Permasalahan Lingkungan Global

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keprihatinan terhadap perilaku masyarakat yang terkesan acuh terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, serta adanya harapan untuk membentuk generasi muda yang peduli dan memiliki etika lingkungan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan sikap kesadaran lingkungan siswa khususnya pada kasus-kasus permasalahan lingkungan global. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design dan pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Data diperoleh melalui skala sikap kepedulian lingkungan berdasarkan tingkatan ranah sikap menurut Krathwohl, Bloom, dan Masia. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah melalui penggunaan permasalahan lingkungan global, efektif dalam meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai indeks gain sebesar 0,52 yang termasuk kategori sedang dan rerata nilai sikap di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 81,4. Indikator sikap kesadaran lingkungan yang memiliki nilai paling tinggi yaitu peduli atau sadar dengan nilai 95, dan yang paling rendah yaitu komitmen dengan nilai 55. Hasil penelitian ini diharapkan bisa diimplementasikan di dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari untuk membiasakan siswa supaya memiliki kepedulian dan karakter yang baik terhadap lingkungan di sekitarnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akcay, Behiye. (2009). “Problem Based Learning in Science Education”. Journal of Turkish Science Education. 6, (1), 26-36.

Anderson, Lorin. W. dan Krathwohl, D. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational objectives). New York : Longman.

Arends, Richard, I. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Edisi Ketujuh dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2009) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Berthouex, P.M, dan Brown, L. (2013). Pollution Prevention and Control, 1st edition. Tersedia: www.bookboon.com.

Bilgin, I., E. Senocak, dan M. Sozbilir. (2009). “The Effect of Problem Based Learning Instruction on Students Performance of Conceptual and Quantitative problem in Gas Concepts”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education,5 (2), 153-164.

Boediono & Koster, W. (2004). Teori dan Aplikasi : Statistika dan Probabilitas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Cahyadi, Ani. (2009). Problem Solving.[online]:tersedia: http:// anicahyadi .blogspot.com /2009/02/problem-solving.html [4 November 2010]

Chin, C. dan L., Chia. (2009). “Implementing Problem Based Learning in Biology”. Journal of Biological Education. 38, (2), 69-75.

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Delisle, Robert. (1997). How to Use Problem Based Learning in The Classroom. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD) Alexandria.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., dan Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education: Eight Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Hapsari, D.,S. (2013). Penurunan Keanekaragaman Hayati Ancaman Serius Persediaan Pangan Dunia. [online]. Tersedia: www.food.detik.com. [5 April 2014].

Himpunan Pemerhati Lingkungan Hidup Indonesia. (2011). Isu Lingkungan. [online]. Tersedia:www.hpli.org. [5 April 2014].

Irwanto. (2013). Kerusakan Hutan di Indonesia.[online], tersedia:www.irwantoshut.net. [25 Februari 2014].

Ismail. (2012). Analisis Skala Sikap: Sebuah Contoh Prosedur dan Aplikasinya. [online]. Tersedia:www.ismails3ip.fkip.uns.ac.id. [27 Februari 2014]

Jones, Clifford, Dr. (2008). Atmospheric Pollution:1st edition: Tersedia: www.bookboon.com.

Jones, Clifford, Dr. (2013). Global Trends and Patterns in Carbon Mitigation:1st edition: Tersedia: www.bookboon.com

Karno To. (2004). Mengenal Analisis Tes (Pengantar ke Program Komputer ANATES). Bandung: Jurusan Pendidikan Psikologi dan Bimbingan FIP IKIP Bandung.

Keziah, Achuonye. (2010). “A Comparative Study of Problem Based and Lecture Based Learning in Secondary School Students Motivation to Learn Science”. International Journal of Science and Technology Education Research. 1, (6), 126-131.

Krathwohl, Bloom, dan Masia. (1964). Taxonomy of Educational Objectives: Affective Domain. New York: Longman.

Natural Resources Defense Council. (2011). An Introduction to Climate Change. [online]: Tersedia: www.nrdc.org. [7 April 2014].

Potters, Geert, Dr. (2013). Marine Pollution: 1st edition. Tersedia: www.bookboon.com.

Priyo, Jatmiko, B.(2013). Pertumbuhan Penduduk Dunia Lampaui Prediksi. [online]. Tersedia:www.kompas.com. [24 Februari 2014].

Rustaman, N. et all (2005) Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.

Schulze, E.D., Beck, E., dan Hohenstein, K.M. ( 2005). Plant Ecology. Heidelberg: Springer Berlin.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solomon, E.P., Berg, L.R., dan Martin, D.W. (2008). Biology: Eight Edition. Belmont: Thomson Brooks/Cole Corporation.

Stiggins, R. J. (1994). Student-centered Classroom Assessment. New York: MacMillan College Publishing Company.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Penerbit Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suriasumantri, J.S. (2010). Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Tan, Oon-Seng. (2006). Problem-Based Learning Pedagogies: Psychological Processes and Enhancement of Intelligences. Singapore: National Institute of Education , Nanyang Technological University.

Wood, D.F. (2003). “Problem Based Learning”. ABC of Learning and Teaching in Medicine, vol.326. [online].Tersedia:http://www..bmj.com/content/full/326 /7384/328 [10 Juli 2011]

Yeung E., Chiu T., Mok N., Lai P., (1999). Application of Problem Based Learning Strategies to Enhance Clinical Reasoning and Self-Directed Learning Skills in a University Physiotherapy Program. Department of Rehabilitation Sciences, The Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong.

Downloads

Published

2018-08-28