Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Defisiensi Nutrisi Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasundan
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.369Keywords:
Fisiologi Tumbuhan, keterampilan proses, Problem based learning, pemahaman konsepAbstract
Rendahnya penguasaan konsep Biologi dapat terjadi karena materi terlalu luas sehingga mahasiswa hanya diberikan konsep saja tanpa memahami konsep tersebut. Salah satu materi yang cukup luas pada matakuliah Fisiologi Tumbuhan adalah mengenai Defisiensi Nutrisi. Metode Problem based learning mampu meningkatkan pemahaman konsep dan dan keterampilan proses pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses setelah diimplementasikan model pembelajaran tersebut dibandingkan dengan metode konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design dengan sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan dengan jumlah 36 orang untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara nyata dalam aspek pemahaman konsep pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi (<g>=0,70) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional yang berkategori rendah (<g>=0,39). Selain itu, model pembelajaran PBL juga mampu meningkatkan keterampilan proses pada aspek proses pengamatan, pemecahan masalah, penafsiran, dan komunikasi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas konvensional.Downloads
References
Aisyah, IS. Nurjhani, M. 2006. 2006. Implementasi Model Pembelajaran Meningkatkan Produksi Pangan melalui Hidroponik. Seminar Nasional MIPA 2006. Yogyakarta, 1 Agustus 2006
Amir, T. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Muhson, A. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan. 39(2): 171-182
Perwatasari, B., Tripatmasari, M., Wasonowati, C. 2012. Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakchoi (Brassica juncea L.) dengan sistem hidroponik. Agrovigor. 5 (1): 14-26
Pusdiklat. 2004 Bahan Pembelajaran Problem Based Learning belajar berbasis masalah. Diambil dari http://www.lrckesehatan.net/cdroms_htm/pbl/pbl.htm.
Rusnayati, H., Prima, E.C. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011
Sadia, I.W. 2007. Pengembangan Kemampuan Berpikir Fornmal Siswa SMA melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Cycle Learning dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. 40 (1): 1-20
Taiz, L. dan Zeiger, E. 2010. Plant Physiology. 5th edn. Sunderland: Sinauer Associates
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.