Analisis Kecerdasan Ekologis Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Diagram Vee

  • Diki Muhammad Chaidir FKIP Universitas Siliwangi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran lebih terfokus kepada pemahaman teori saja serta berpusat kepada dosen (teacher centered oriented), sehingga mengakibatkan masih rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi serta masih banyak yang membuang sampah sembarangan yang menandakan masih kurangnya kecerdasan ekologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee terhadap kecerdasan ekologis mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Pengukuran kecerdasan ekologis menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah lima pilihan yang disesuaikan dengan indikator kecerdasan ekologis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee pada kelas eksperimen memiliki perbedaan hasil kecerdasan ekologis dibandingkan mahasiswa calon guru biologi dengan kelas kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee mempunyai rata-rata N-Gain yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan ekologis mahasiswa calon guru biologi. Persentase peningkatan kecerdasan ekologis tertinggi pada kelas eksperimen terdapat pada indikator pengetahuan tentang prediksi permasalahan lingkungan di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 17, 2018
How to Cite
CHAIDIR, Diki Muhammad. Analisis Kecerdasan Ekologis Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Diagram Vee. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-5, dec. 2018. ISSN 2549-0486. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/1244>. Date accessed: 18 apr. 2019.